Tidak ada kebaikan bagi pembicaraan kecuali dengan amalan.
Tidak ada kebaikan bagi harta kecuali dengan kedermawanan.
Tidak ada kebaikan bagi sahabat kecuali dengan kesetiaan.
Tidak ada kebaikan bagi shadaqah kecuali niat yang ikhlas.
Tidak ada kebaikan bagi kehidupan kecuali kesihatan dan keamanan

Selasa, 30 November 2010

Kisah Unik Ketika Bill Gates Bersedekah

“Memangnya ada ya ayat atau hadits tentang sedekah yang bilang : Sedekah itu biar sedikit yang penting ikhlas.?” tanya seorang. “Wah, bentar ya kita cari dulu…”

Kalimat “Biar sedikit yang penting ikhlas ini memang sangat identik dengan ibadah yang namanya sedekah ini. Padahal anak TK pun tahu semua yang naanya ibadah itu harus ikhlas seperti Shalat, Puasa, Haji, bahkan berhubungan intim suami -isteripun juga harus ikhlas (Psst.. untuk yang satu ini menurut hadits juga termasuk sedekah lho..).

Tapi entah kenapa setiap kata “Sedekah”, kalimat “Biar sedikit yang penting ikhlas” pasti hampir selalu ada dibelakangnya. ( nah, kalau untuk sedekah yg disebutkan terakhir tadi pasti semua nggak setuju kata “sedikit” diikutsertakan. Hehehe)

Nah, mari kita coba cari ke rujukan utamanya yaitu Al Qur’an.

Dalam Al Qur’an kalimat “menafkahkan harta ( Sedekah / Infak ) itu biasanya diikuti oleh kalimat “Sebahagian”.

Contohnya :

Katakanlah kepada hamba-hamba-Ku yang telah beriman: “Hendaklah mereka mendirikan shalat, menafkahkan SEBAHAGIAN rezki yang Kami berikan kepada mereka secara SEMBUNYI ataupun TERANG-TERANGAN sebelum datang hari (kiamat) yang pada hari itu tidak ada jual beli dan persahabatan. ( Q.S.Ibrahim.31)

Lalu, berapakah jumlah “Sebahagian” itu sebenarnya.? Bisa separuh, seperempat, sepersepuluh.. dll. Dalam banyak riwayat di masa Rasulullah, para sahabat bersedekah SETENGAH dari hartanya, bahkan Abdurrahman bin Auf bersedekah HAMPIR SELURUH harta yang dimilikinya.

Di jaman modern ini justeru Bill Gates, Warren Buffet dan Donal Trump yang notabene bukan seorang pengikut agama Muhammad_lah yang bersedekah gila-gilaan dan brutal seperti yang diajarkan oleh Rasulullah 700 tahun silam. Mereka mengaku sedekah itu banyak manfaatnya, salah satunya mereka BERTAMBAH KAYA dengan bersedekah. Bill Gates pernah menyumbangkan hartanya sebesar 22,9 miliar dolar (Rp 195 triliun) untuk kesehatan dan pendidikan Hmmm… persislah seperti yang diajarkan Rasulullah

Sekarang saya mengerti kenapa justru orang yang bersedekah itu makin kaya, karena mereka mengikuti sunnah Rasul meskipun mereka bukan seorang muslim. Sebab dalam sebuah riwayat, Rasullah pernah bersabda bahwa bersedekah itu membuat harta BERTAMBAH, BERTAMBAH DAN BERTAMBAH… Pantaslah saya masih belum kaya, soalnya hobi bilang “biar dikit yang penting ikhlas” sih.. hehehe.

Secara sederhana, “Pencinta Sedekah” pernah membuat survey kecil-kecilan : “Berat mana membelanjakan Rp.50.000,- untuk makan di restoran fast food ( misal KFC, McD, Pizza Hut.dll) dibandingkan Rp.50.000,- untuk disedekahkan.? Dan gampang ditebak ternyata Rp.50.000,- untuk sedekah jauh terasa lebih berat untuk dikeluarkan.

Ironisnya Rp.50.000,- terasa ringan saat dipakai untuk ;
- Membeli rokok
- Menonton di Bioskop
- Beli Pulsa HP
- dll

Ingatlah, kamu ini orang-orang yang diajak untuk menafkahkan (hartamu) pada jalan Allah. MAKA DIANTARA KAMU ADA YANG KIKIR, dan SIAPA YANG KIKIR, SESUNGGUHNYA DIA HANYALAH KIKIR TERHADAP DIRINYA SENDIRI. Dan Allah-lah yang Maha Kaya sedangkan kamulah orang-orang yang berkehendak (kepada-Nya); dan jika kamu berpaling niscaya Dia akan mengganti (kamu) dengan kaum yang lain; dan mereka tidak akan seperti kamu ini. ( Q.S.Muhammad.38)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Cheap Web Hosting | new york lasik surgery | cpa website design